Resep Brownies ala Lilian

Siapa yang tidak kenal brownies atau yang belum pernah makan brownies? Ini penganan yang paling mudah dibuat, tidak perlu aneka macam peralatan dan pasti jadi. Kue favorit anak-anak saya sejak belasan tahun yang lalu. Setelah vakum turun ke dapur beberapa tahun terakhir ini, liburan bulan Juni, saya kembali beraksi. Ini adalah resep brownies hasil kreasi sendiri dari utak atik dan testing aneka resep. Sebelumnya, kita baca dulu asal usul si brownies ini ya…

Tahun 1893, Bertha Palmer, seorang yang cukup populer di Chicago, meminta kepada baker di Palmer House Hotel milik suaminya agar menyediakan makanan cuci mulut yang cocok untuk para pengunjung Chicago World’s Columbian Exposition. Perincian permintaannya adalah sepotong penganan yang lebih kecil dari cake biasa tetapi tetap ada rasa cake dan bisa dimakan dari kotak makan siang. Brownies pertama dibuat dengan apricot glaze dan walnuts. Setelah itu muncul berbagai modifikasi resep brownies.

Sekarang kita lihat apa saja yang dibutuhkan dalam membuat brownies.

Yang paling penting adalah coklat. Anda bisa menggunakan bubuk coklat atau coklat batangan. Jika menggunakan bubuk coklat, anda butuh lebih banyak margarine atau mentega, karena bubuk coklat tidak mengandung lemak sebanyak yang ada dalam coklat batangan. Dalam resep ini saya hanya menggunakan coklat batangan.

Bahan kedua, tepung terigu. Saya ingin mendapatkan brownies yang lembut dan basah di bagian dalam. Semakin banyak pemakaian tepung, brownies akan bertekstur seperti kue bolu. Jadi saya mengurangi takaran terigu untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan basah.

Bahan berikut adalah gula pasir. Anda bisa menambah atau mengurangi takaran gula pasir sesuai selera. Jika tidak suka terlalu manis, kurangkan 50 gr gula dari resep.

Telur punya banyak fungsi dalam pembuatan kue, dari menambah volume, mengikat, melembutkan dan memberi struktur pada kue. Saya menggunakan dua butir telur dalam resep ini. Beberapa resep menggunakan tiga telur, tergantung tekstur yang anda inginkan.

Untuk variasi dan topping, anda bisa menambahkan keju parut, irisan almond, kacang tumbuk, chocolate chips, atau apa saja yang anda inginkan. Setangkup es krim di atas sepotong brownies pastinya akan membuat hari anda semakin cerah. Siap untuk mencoba?

Bahan :

2 butir telur
120 g margarine
200 g dark cooking chocolate
150 – 200 g gula pasir
125 g terigu
1 sdt vanilli bubuk
1/4 sdt garam

Cara :

1. Tim margarine, dark cooking chocolate dan gula sampai meleleh. Biarkan dingin.
2. Kocok telur sebentar, tidak usah sampai kembang seperti kalau membuat cake.
3. Gabung kocokan telur ke campuran margarine.
4. Campur rata terigu, vanilli dan garam, ayak. Masukkan sedikit demi sedikit ke adonan telur sambil diaduk hingga rata.

20150614_brownies1
5. Tuang ke dalam loyang ukuran 10 X 30 cm yang sudah diolesi margarine.
6. Bakar dalam oven bersuhu 170 selama 40 menit atau hingga matang.

20150614_brownies2_020150614_brownies3_0

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s