Popcorn, Rajanya Snack Sehat

Setiap kali mau nonton bioskop,  putera saya selalu mengingatkan untuk beli popcorn dulu sebelum masuk gedung bioskop. Seperti sudah menjadi satu tradisi, nonton harus dengan menenteng popcorn.  Apakah karena terlalu sering nonton serial Mr. Bean yang selalu membopong satu bucket popcorn  untuk camilan dalam bioskop?

Wangi popcorn memang selalu menggoda, banyak orang, baik tua maupun muda suka popcorn. Ada kesenangan tersendiri melihat biji jagung poop poop di dalam mesin dan wangi menteganya begitu menggoda.

ASAL USUL POPCORN

Sejauh ini tidak ada yang tahu pasti darimana popcorn berasal. Para arkeolog menemukan bulir popcorn di salah satu tempat di pantai timur Peru,  seribu tahun yang lalu. Popcorn juga ditemukan di Bat Cave, New Mexico, yang diperkirakan sudah berusia 5600 tahun. Penemuan popcorn yang tertua, yakni sekitar 80.000 tahun,  fosil popcorn dikubur 200 kaki di Mexico City.

Menurut para arkeolog, popcorn ditanam di Cina, India dan bahkan Sumatera, ribuan tahun sebelum Columbus tiba di Amerika tahun 1492. Ketika Columbus tiba di sana, popcorn sudah dikonsumsi secara luas oleh penduduk asli Amerika dan bahkan mereka mencoba menjual popcorn kepada Columbus dan para kru-nya.  Akhirnya pada acara Thanksgiving di Plymouth, Massachusetts, orang-orang Inggris itu diperkenalkan dengan popcorn.

Sekarang ini, kebanyakan dari popcorn yang diproduksi di seluruh dunia, ditanam di Amerika sekitar Iowa, Illinois, Indiana, Kansas, Kentucky, Michigan, Missouri, Nebraska dan Ohio. Tidak semua biji jagung bisa meletus dengan sempurna. Hanya jenis jagung dengan nama ilmiah zea mays everta. Jagung-jagung yang mengandung kadar air rendah yang dapat meletus dengan sempurna bila dipanaskan sampai derajat tertentu (200-220 derajat Celcius).

Tanaman akan dipanen jika kandungan kadar airnya sudah mencapai 16%-20%. Dari kebun, jagung akan diangkut ke tempat dimana dilakukan proses pelepasan biji-biji jagung dari bonggolnya. Petani menggunakan semacam mesin sederhana. Setelah itu biji-biji itu akan dinaikkan ke truk dan diangkut lagi ke gudang penyimpanan. Di gudang penyimpanan, lantai diberi alas yang berongga sehingga ada aliran udara di bawah tumpukan dan dapat mengeringkan biji jagung sampai mencapai taraf kandungan air 14% – level ideal untuk meletus dengan sempurna.

BAGAIMANA POPCORN BISA MELETUS?

Bulir jagung membutuhkan panas dengan temperatur 200-220 derajat Celcius untuk bisa meletus. Ketika dipanaskan, kelembaban di dalam bulir jagung akan berubah menjadi uap. Uap itu membuat tepung pati (starch) yang ada di dalam bulir jagung menjadi lembek seperti gelatin. Temperatur yang semakin tinggi membuat tepung pati yang sudah seperti gelatin itu akan terdorong menembus kulit ari dan mekar. Itulah yang kita sebut popcorn.

SNACK SEHAT

Dari jajaran 7 snack sehat yang selalu disebutkan oleh para ahli kesehatan, popcorn menempati urutan pertama sehingga disebut King of Snack, karena mengandung serat paling tinggi tapi berkalori rendah (dengan catatan popcorn dimasak tanpa mentega dan garam). Menurut hasil penelitian yang dipresentasikan dalam rapat The American Chemical Society di San Diego, popcorn mengandung antioksidan polyphenols yang lebih tinggi dari semua jenis buah maupun sayuran. 1 mangkuk popcorn mengandung sekitar 300mg polyphenols. Bandingkan dengan 1 mangkuk buah atau sayuran yang rata-rata mengandung 160mg  saja, jadi kadar polyphenols popcorn hampir dua kali lipatnya.

Metode penyajian popcorn memang sangat mempengaruhi sejauh mana popcorn itu layak disebut snack sehat atau tidak. Popcorn yang dimasak dengan tanpa mentega atau minyak adalah yang paling sehat, yakni dengan cara air-popped (dalam mesin popcorn). 1 mangkuk air-popped popcorn mengandung sekitar 31 cal, 1 gr protein, 6 gr karbohidrat dan 1 gr serat.  Jika dimasak dengan menambahkan 2 sendok makan mentega, kalori akan meningkat manjadi sekitar 235 cal. Apalagi jika ditambahkan garam dan gula (seperti popcorn karamel). Jika anda memang lebih menyukai popcorn dengan sedikit minyak, gunakanlah minyak canola atau minyak zaitun (olive oil) dan tambahkan sejumput garam.

Jadi, mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menenteng sekotak popcorn memasuki gedung bioskop atau sebagai camilan di ruang keluarga anda.

Beberapa resep popcorn yang boleh dicoba:

Cinnamon Sugar Popcorn

Almond Joy Popcorn

Cranberry Orange Caramel Corn

Caramel Coconut Marshmallow Popcorn

Garlic Rosemary Parmesan Popcorn

Peanut Butter Popcorn

Referensi: www.news-medical.net

www.fitday.com

www.factmonster.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s