Berlibur…20 Tips Berkemas

Apa yang muncul dalam pikiran setiap kali masa liburan menghampiri? Hore!!! Waktunya berkemas. Siapkan koper dan tas. Rasanya gembira dan semangat sekali memikirkan baju apa yang hendak dibawa dan kegiatan bongkar muat barang di koperpun segera dimulai.

 SENI BERKEMAS
 Pertama sekali, buat daftar barang dan pakaian apa saja yang hendak dibawa. Untuk ini yang harus dipertimbangkan adalah tujuan dan lamanya perjalanan. Daftar ini akan membantu kita dalam berkemas dan juga untuk memeriksa apakah ada barang yang ketinggalan sebelum kita berangkat ataupun sewaktu meninggalkan kamar hotel.
Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah:
1. Jangan bawa barang yang tidak dibutuhkan atau tidak cocok dengan kondisi di tempat tujuan.
2. Koper/ tas yang vertikal dan terbuat dari bahan yang relatif ringan akan lebih efisien dan praktis daripada koper yang besar dan berat.
3. Jika kita akan naik turun bis, ferri, dan kemudian dilanjutkan dengan kendaraan lain lagi, bawalah tas yang ringkas dan sepraktis mungkin.
4. Kelompokkan barang-barang seperti kosmetik, obat-obatan, charger, dan lain sebagainya dalam kantong-kantong atau dompet-dompet kecil. Hal ini akan mempermudah kita untuk mencari barang yang diperlukan.
5. Jika negara tujuan voltase listriknya berbeda, bawa juga adaptor universal. Karena di berbagai negara colokan listrik berbeda juga.
6. Untuk menghemat ruangan dalam koper/tas, gulunglah setiap potong celana atau kaus dan masukkan dalam plastik (lebih baik plastik zip lock) agar tetap rapi.
7. Alternatif lain, tumpukkan beberapa pakaian dan gulung seperti sosis besar. Metode ini membantu mengurangi lecek.
8. Pilihlah baju yang dapat dipadupadankan atau warna yang senada agar anda tidak perlu membawa segala macam aksesoris untuk setiap warna pakaian. Utamakan membawa pakaian berwarna hitam, abu-abu atau coklat yang mudah dipadankan dengan warna lain.
9. Barang-barang kecil lain seperti sepatu, pengering rambut, setrika kecil, susun di bagian bawah, dan item yang ringan di bagian atasnya.
10. Bungkus barang yang mudah pecah seperti botol parfum dalam kaus kaki atau pakaian yang tebal dan taruh di bagian tengah koper.
11. Jaket yang tebal sebaiknya ditenteng ke kabin.
12. Bawa jas hujan atau payung lipat dan pashmina dalam tas tangan.
13. Barang-barang yang mengandung cairan seperti tonik, lotion, shampoo, dan lain-lain, sebaiknya dimasukkan dalam plastik zip lock dan jangan isi botol terlalu penuh karena tekanan udara di pesawat akan menyebabkan isinya meluap keluar. Peraturan penerbangan tidak mengizinkan barang-barang cairan yang lebih dari 100ml dibawa ke kabin. Taruhlah di dalam koper dan masukkan ke bagasi.
14. Bawa bantal tiup yang praktis digunakan untuk menyangga leher jika kita perlu tidur dalam perjalanan (Bila anda termasuk orang yang sulit tidur).
15. Obat-obatan yang penting dibawa selain dari obat yang anda minum setiap hari (bila anda mempunya penyakit seperti darah tinggi) adalah obat penurun panas, diare, obat maag, multivitamin, balsam, obat luka dan plester. Bila tempat tujuan banyak nyamuk, pertimbangakan membawa lotion anti nyamuk juga.
16. Untuk menjaga lingkungan, sebaiknya membawa sikat dan pasta gigi sendiri.
17. Paspor, kamera, laptop, kunci dan barang-barang berharga lainnya sebaiknya dimasukkan dalam tas tangan.
18. Jika membawa hadiah dalam tas kabin, sebaiknya tidak dibungkus karena petugas biasanya akan memeriksa isi hadiah tersebut.
19. Sediakan juga tas lipat dalam koper sebagai cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan.
20. Koper/tas sebaiknya diberi pita dengan warna menyolok pada pegangannya untuk mempermudah kita mengenali bagasi. Jangan lupa tulis nama dan nomor telepon agar pihak penerbangan dapat menghubungi kita jika bagasi tercecer atau salah tujuan.
Selamat berlibur……………………
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s